Tampaknya semua pihak ingin ambil bagian dari penawaran saham perdana (IPO) Facebook.Namun, harus ditekankan unsur kehati-hatian, mengingat penilaian super premium pada IPO ini.
Raksasa jejaring sosial ini akan terdaftar di bursa Jumat
(18/5/2012) ini dan akan menjadi salah satu penawaran yang paling
dicermati.Kebanyakan investor dan pengamat fokus pada besarnya Facebook dan
peluang perusahaan di masa depan.
Tapi sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus
dipertimbangkan investor sebelum menggelontorkan dana ke jejaring sosial besar
ini. Berikut beberapa risiko IPO Facebook menurut 24/7 Wall St.
Kepemimpinan adalah risiko yang sangat besar...
Facebook secara efektif akan dikendalikan Mark Zuckerberg yang berusia 28
tahun. Dia akan memegang atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan 57% hak
suara dari saham yang beredar setelah penawaran ini.
Fakta bahwa dominasi Zuckerberg sangat menonjol dalam
roadshow IPO, juga memicu kewaspadaan. Apalagi Zuckerberg tampaknya akan
menunjuk seorang pengganti, yang akan membuat Facebook menjadi sebuah kerajaan,
bukan perusahaan publik.
Hype Google dibandingkan Hype Facebook ...
Kegilaan
besar Facebook juga dapat dibandingkan dengan Google Inc. Facebook akan
bernilai setengah dari nilai Google hari ini, namun Google diharapkan dapat
menghasilkan hampir US$ 35,5 miliar penjualan pada 2012. Jika menghitung secara
tahunan pendapatan Facebook kuartal pertama dengan pertumbuhan 10% dalam setiap
kuartal, maka pendapatan Facebook hanya akan mencapai US$ 4,9 miliar pada 2012.
Pertumbuhan pendapatan kuartalan telah goyah ...
Penilaian telah dilakukan terhadap pendapatan Facebook yang tumbuh 10% secara
berurutan setiap kuartal. Tetapi kenyataannya, pada kuartal pertama 2012, media
sosial raksasa ini melihat kecenderungan negatif pendapatan. Facebook
menghasilkan pendapatan US$ 1,06 miliar dibandingkan US$ 731 juta tahun
sebelumnya dan laba bersih untuk pemegang saham tercatat US$ 137 juta
dibandingkan US$ 153 juta.
Facebook melihat penurunan pendapatan berurutan pertama pada
kuartal keempat 2011 dengan gabungan pendapatan sebesar US$ 1,131 miliar.
Kendati peluang pertumbuhan di sini sangat besar, perusahaan masih harus
berkembang secara berturut-turut saat ini.
Sikap skeptis publik...
Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Facebook sedang menghadapi ketidakpercayaan publik dan sikap apatis pengiklan display yang sangat kecewa dengan hasil iklan di Facebook dibandingkan Google dan tempat lain. Jajak pendapat CNBC-AP menunjukkan 57% pengguna tidak mengklik iklan Facebook dan 26% mengatakan hampir tidak pernah mengklik iklan di Facebook.
Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Facebook sedang menghadapi ketidakpercayaan publik dan sikap apatis pengiklan display yang sangat kecewa dengan hasil iklan di Facebook dibandingkan Google dan tempat lain. Jajak pendapat CNBC-AP menunjukkan 57% pengguna tidak mengklik iklan Facebook dan 26% mengatakan hampir tidak pernah mengklik iklan di Facebook.
Risiko eksodus para ahli...
Masalah lain muncul
setelah insider dan karyawan Facebook membuat jutaan dolar dari IPO ini.
Orang-orang dapat memilih untuk pergi dan membentuk perusahaan mereka sendiri.
Ini adalah risiko awal pengurasan otak pada perusahaan. The New York Times
baru-baru ini menunjukkan bagaimana orang dalam Facebook telah pergi dan
memulai perusahaan baru. Ini adalah risiko untuk setiap IPO yang membuat banyak
jutawan, tetapi risiko itu tetap ada.
Risiko penolakan perusahaan...
Perusahaan dapat mulai
membatasi akses Facebook di tempat kerja dengan karyawan mereka. Beberapa
perusahaan sudah memblokir Facebook karena mematikan produktivitas. Tren ini
belum berlaku umum, tapi pada beberapa titik perusahaan harus mempertimbangkan
keamanan. Bahwa virus atau worm Koobface menyusup banyak komputer di tempat
kerja dan di rumah, dan perusahaan harus mempertimbangkan pengamanan jaringan
dan biaya, terkait pemberian akses terhadap situs di mana virus dapat menyusup
sistem.
Risiko virus / worm...
Mungkin ini terdengar
berlebihan, tetapi jika versi lain dari Koobface muncul di jaringan Facebook,
dapat membahayakan reputasi perusahaan. Bisa juga membuat ketidakpercayaan di
kalangan pengguna Facebook, terutama jika mereka harus membayar US$ 50 atau US$
100 untuk menghapus virus ini. Ini mungkin salah satu risiko jangka panjang
terbesar dan peringatan untuk perusahaan ini.
Ketergantungan terhadap Zynga...
Zynga Inc terikat
terlalu erat ke Facebook atau Facebook terikat erat dengan Zynga untuk game
sosial dengan persentase penjualan. Berdasarkan data yang diajukan kepada
otoritas bursa, terlihat bahwa 2011 dan kuartal pertama 2012, pendapatan
Facebook naik menjadi 19% dan 15% masing-masing.
Pencapaian ini berasal dari pembayaran biaya pemrosesan dari
Zynga, iklan langsung dari Zynga, dan pendapatan dari pihak ketiga untuk iklan
yang ditampilkan pada halaman yang dihasilkan aplikasi Zynga. Zynga sudah
mencoba diversifikasi ketergantungan. Ini berarti, jika Zynga tidak
mempertahankan tingkat keterlibatan dengan pengguna, atau jika Facebook tidak
berhasil menjaga hubungan dengan Zynga, perusahan dapat dirugikan.
Risiko dominasi ponsel...
Facebook baru-baru
menunjukkan lebih fokus pada pengguna Facebook mobile. Masalahnya adalah sangat
sulit mencari pendapatan dari pengguna ponsel, jika tidak langsung menjual
sesuatu kepada mereka.
Hype telah bertahun-tahun berharap atas iklan mobile,
meskipun iklan mobile menghasilkan uang sangat sedikit dibandingkan iklan
desktop. Jika semua orang hanya mengakses Facebook melalui iPhone dan
smartphone Droid, arus kas Facebook bisa seret. Bersambung.
http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1862384/inilah-risiko-dalam-ipo-facebook-1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar