Senin, 21 November 2011

Tugas Etika Bisnis perbandingan iklan di televisi
IKLAN TV

MINUMAN BERENERGI “TORPEDO” DENGAN “EKSTRA JOSS”


Torpedo dan Ekstra Joss adalah produk dengan kategori sama yaitu minuman energi untuk Pria, masing-masing produk memiliki iklan yang ditayangkan di TV tetapi memiliki tema iklan yang sangat jauh berbeda.
Iklan minuman energi Torpedo :
Minuman energi yang di psarkan oleh perusahaan OT (Orang Tua) iklan minuman torpedo sangat tidak mendidik. Bisa di katakan iklan tersebut sangat melecehkan kaum perempuan.
Dimana ada 2 orang pria sedang berusaha membuka minuman gelas .dan Pria yang satunya lagi ketika berusaha membuka minuman, gigi palsunya tiba-tiba lepas dan jatuh tepat di bagian dada seorang wanita. Lalu wanita ini menghampiri pria tersebut dan menamparnya.
Iklan tersebut sudah banyak yang melaporkan ke KPI (komisi penyiaran Indonesia) tetapi tetap saja ditayangkan.
Iklan minuman Ekstra Joss :
adalah produk minuman energi yang dipasarkan PT. Bintang Toedjoe Sasarannya adalah olahragawan, pelajar, dan pegawai yang ingin mempertahankan konsentrasi dalam jangka waktu lama. Bentuknya bubuk dan dijual dalam sachet.
Iklan televisi yang bagus menarik juga mendidik dengan tema keragaman kebudayaan di Indonesia memperlihatkan budaya Indonesai dari Sabang sampai Merauke dengan pemeran iklan yang diperankan oleh artis ibu kota dengan memakai baju Adat Istiadat dari berbagai suku di Indonesia, iklan televisi yang mendorong anak bangsa untuk terus tetap mencintai Indonesia dan banggan akan kebergaman bangsa Indonesia.
Iklan minuman energi ini juga mengajarkan kebaikan kepada para penonton seperti halnya beberapa waktu lalu saat Idul Adha dalam iklan tersebut pemeran iklan Ustadz Jefri mengajak untuk semua Pria berkurban dengan semboyan “laki berani capek, berani berkurban”.
Perbedaan dari dua iklan televisi minuman energi Torpedo dan Ekstra Joss , dimana iklan minuman Torpedo yang sangat tidak mendidik dan tidak memiliki Etika yang baik justru ditayangkan walaupun sudah dilaporkan ke KPI harusnya walaupun minuman torpedo adalah minuman pria perusahaan memikirkan baik-baik tema apa yang dipakai untuk ditayangkan di televisi begitu juga dengan KPI mereka harusnya juga bisa lebih selektif lagi untuk menayangkan iklan apapun di televisi.

Sangat berbeda dengan iklan televisi minuman energi Ekstra Joss iklan yang mendidik yang mengusung tema kebudayaan Indonesia suku dan adat istiadat , juga mngajarkan kebaikan bagi para penonton tidak heran jika iklan minuman Ekstra Joss beragam dan banyak yang menyukai. Iklan minuman Ekstra Joss nampaknya benar-benar memikirkan Etika untuk tema penayangan iklan di televise.


http://biimarchiella.blogspot.com/2011/11/etika-bisnis-pembanding-iklan.html