Sabtu, 19 Mei 2012

Inilah Risiko Dalam IPO Facebook (1)....


Tampaknya semua pihak ingin ambil bagian dari penawaran saham perdana (IPO) Facebook.Namun, harus ditekankan unsur kehati-hatian, mengingat penilaian super premium pada IPO ini.

Raksasa jejaring sosial ini akan terdaftar di bursa Jumat (18/5/2012) ini dan akan menjadi salah satu penawaran yang paling dicermati.Kebanyakan investor dan pengamat fokus pada besarnya Facebook dan peluang perusahaan di masa depan.
Tapi sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan investor sebelum menggelontorkan dana ke jejaring sosial besar ini. Berikut beberapa risiko IPO Facebook menurut 24/7 Wall St.

Kepemimpinan adalah risiko yang sangat besar...
Facebook secara efektif akan dikendalikan Mark Zuckerberg yang berusia 28 tahun. Dia akan memegang atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan 57% hak suara dari saham yang beredar setelah penawaran ini.
Fakta bahwa dominasi Zuckerberg sangat menonjol dalam roadshow IPO, juga memicu kewaspadaan. Apalagi Zuckerberg tampaknya akan menunjuk seorang pengganti, yang akan membuat Facebook menjadi sebuah kerajaan, bukan perusahaan publik.

Hype Google dibandingkan Hype Facebook ...
Kegilaan besar Facebook juga dapat dibandingkan dengan Google Inc. Facebook akan bernilai setengah dari nilai Google hari ini, namun Google diharapkan dapat menghasilkan hampir US$ 35,5 miliar penjualan pada 2012. Jika menghitung secara tahunan pendapatan Facebook kuartal pertama dengan pertumbuhan 10% dalam setiap kuartal, maka pendapatan Facebook hanya akan mencapai US$ 4,9 miliar pada 2012.

Pertumbuhan pendapatan kuartalan telah goyah ...
Penilaian telah dilakukan terhadap pendapatan Facebook yang tumbuh 10% secara berurutan setiap kuartal. Tetapi kenyataannya, pada kuartal pertama 2012, media sosial raksasa ini melihat kecenderungan negatif pendapatan. Facebook menghasilkan pendapatan US$ 1,06 miliar dibandingkan US$ 731 juta tahun sebelumnya dan laba bersih untuk pemegang saham tercatat US$ 137 juta dibandingkan US$ 153 juta.

Facebook melihat penurunan pendapatan berurutan pertama pada kuartal keempat 2011 dengan gabungan pendapatan sebesar US$ 1,131 miliar. Kendati peluang pertumbuhan di sini sangat besar, perusahaan masih harus berkembang secara berturut-turut saat ini.

Sikap skeptis publik...

Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Facebook sedang menghadapi ketidakpercayaan publik dan sikap apatis pengiklan display yang sangat kecewa dengan hasil iklan di Facebook dibandingkan Google dan tempat lain. Jajak pendapat CNBC-AP menunjukkan 57% pengguna tidak mengklik iklan Facebook dan 26% mengatakan hampir tidak pernah mengklik iklan di Facebook.

Risiko eksodus para ahli...
Masalah lain muncul setelah insider dan karyawan Facebook membuat jutaan dolar dari IPO ini. Orang-orang dapat memilih untuk pergi dan membentuk perusahaan mereka sendiri. Ini adalah risiko awal pengurasan otak pada perusahaan. The New York Times baru-baru ini menunjukkan bagaimana orang dalam Facebook telah pergi dan memulai perusahaan baru. Ini adalah risiko untuk setiap IPO yang membuat banyak jutawan, tetapi risiko itu tetap ada.

Risiko penolakan perusahaan...
Perusahaan dapat mulai membatasi akses Facebook di tempat kerja dengan karyawan mereka. Beberapa perusahaan sudah memblokir Facebook karena mematikan produktivitas. Tren ini belum berlaku umum, tapi pada beberapa titik perusahaan harus mempertimbangkan keamanan. Bahwa virus atau worm Koobface menyusup banyak komputer di tempat kerja dan di rumah, dan perusahaan harus mempertimbangkan pengamanan jaringan dan biaya, terkait pemberian akses terhadap situs di mana virus dapat menyusup sistem.

Risiko virus / worm...
Mungkin ini terdengar berlebihan, tetapi jika versi lain dari Koobface muncul di jaringan Facebook, dapat membahayakan reputasi perusahaan. Bisa juga membuat ketidakpercayaan di kalangan pengguna Facebook, terutama jika mereka harus membayar US$ 50 atau US$ 100 untuk menghapus virus ini. Ini mungkin salah satu risiko jangka panjang terbesar dan peringatan untuk perusahaan ini.

Ketergantungan terhadap Zynga...
Zynga Inc terikat terlalu erat ke Facebook atau Facebook terikat erat dengan Zynga untuk game sosial dengan persentase penjualan. Berdasarkan data yang diajukan kepada otoritas bursa, terlihat bahwa 2011 dan kuartal pertama 2012, pendapatan Facebook naik menjadi 19% dan 15% masing-masing.

Pencapaian ini berasal dari pembayaran biaya pemrosesan dari Zynga, iklan langsung dari Zynga, dan pendapatan dari pihak ketiga untuk iklan yang ditampilkan pada halaman yang dihasilkan aplikasi Zynga. Zynga sudah mencoba diversifikasi ketergantungan. Ini berarti, jika Zynga tidak mempertahankan tingkat keterlibatan dengan pengguna, atau jika Facebook tidak berhasil menjaga hubungan dengan Zynga, perusahan dapat dirugikan.

Risiko dominasi ponsel...
Facebook baru-baru menunjukkan lebih fokus pada pengguna Facebook mobile. Masalahnya adalah sangat sulit mencari pendapatan dari pengguna ponsel, jika tidak langsung menjual sesuatu kepada mereka.
Hype telah bertahun-tahun berharap atas iklan mobile, meskipun iklan mobile menghasilkan uang sangat sedikit dibandingkan iklan desktop. Jika semua orang hanya mengakses Facebook melalui iPhone dan smartphone Droid, arus kas Facebook bisa seret. Bersambung.

http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1862384/inilah-risiko-dalam-ipo-facebook-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar