Sabtu, 19 Mei 2012

Inilah Risiko Dalam IPO Facebook (2)....


Facebook mulai melakukan penawaran saham perdana. Dengan lebih banyak saham yang dijual, saatnya untuk mengetahui risiko dalam IPO besar ini.


Kisaran harga untuk IPO Facebook diangkat menjadi US$ 34 sampai US$ 38 per saham dengan nilai sekitar US$ 100 miliar. Kesepakatan ini sudah mengalami kelebihan permintaan lebih dari seminggu sebelumnya, dan pesanan sudah penuh.


24/7 Wall St telah mengabaikan risiko pesaing, risiko terhadap privasi pengguna, risiko mata uang, dan banyak dari risiko lain yang ada dalam IPO apapun. Kenyataannya adalah Facebook bisa menjual sebanyak-banyaknya yang diinginkan, dan harga saham mungkin tidak masalah pada awalnya.


Namun, investor perlu memahami risiko dari cerita apapun, bahkan jika itu mengenai cerita pertumbuhan yang besar dari Facebook. Banyak peringatan harus dipertimbangkan sebelum melakukan investasi.


Analisis sebelum IPO ... 
Dua analis Wall Street telah merekomendasikan "Beli" masing-masing dengan target di US$ 44 dan US$ 46 per saham. Namun, apa yang terjadi jika harga saham dibuka terlalu dekat atau bahkan di atas target harga? Butuh waktu lama sebelum underwriter dapat mengeluarkan peringkat mereka sendiri, selama masa tenang perusahaan penjaminan.


Jika mencari pendapat independen lain di luar Wall Street, Morningstar menempatkan target nilai wajar seharga US$ 32 per saham, dengan menjelaskan beberapa risiko. Sementara Henry Blodgett dari Business Insider baru-baru ini menyebut IPO Facebook "Muppet Bait." IPOdesktop.com menempatkan proyeksi harga untuk Facebook di US$ 18 per saham, untuk enam sampai sembilan bulan mendatang.


Tidak ada hak suara bagi pemegang saham...  
Facebook memiliki saham dual-class. Ini berarti tidak ada kekuatan bagi pemegang saham umum. Saham Kelas A berhak atas satu suara per saham, sementara saham Kelas B berhak atas sepuluh suara per saham. Ini adalah contoh lain dari sebuah perusahaan publik yang mungkin tidak akan mengadakan pertemuan pemegang saham tahunan.


Bagaimana jika harga IPO Facebook terlalu tinggi? ... 
Jika harga saham Facebook terlalu tinggi dan sesuatu yang tidak terduga terjadi dan menyebabkan saham jatuh, investor besar mungkin akan merasa pada saat terakhir mereka tidak memiliki kesempatan untung, dengan berinvestasi dalam saham. Ini akan menjadi semangat pembunuh, karena hype besar ini telah IPO dan memiliki cerita pertumbuhan yang besar.


Kemungkinan kerugian pasca-IPO... 
Mungkin risiko terbesar adalah tidak benar-benar pada saham IPO, tapi di aftermarket. Facebook diharapkan dapat dibuka di harga premium. Tetapi jika terlalu banyak investor membeli di pasar terbuka, setelah IPO dan kemudian melihat nilai saham merosot selama beberapa jam atau hari setelah IPO, maka mereka mungkin merasa sedikit tertipu.


Dilusi besar...Ini adalah salah satu IPO, di mana setelah penawaran umum perdana, hanya sebagian kecil saham akan dimiliki publik (free float). Dalam enam bulan atau kurang jika perusahaan mempercepat berakhirnya masa lock-up (saham tidak dapat diperjualbelikan), akan datang raksasa pemegang saham lock-up kadaluarsa.


Hal ini akan memungkinkan lebih banyak insider dan pemegang saham melepas saham, sehingga saham yang dimiliki publik akan meningkat secara substansial. Harga saham pun dapat anjlok.


Apakah terlalu banyak insider menjual ...
Facebook menawarkan 180.000.000 saham Kelas A, versus 241.233.615 saham kelas A yang dijual pemegang saham. Sering diharapkan insider dan pendukung bisa mendapatkan kesempatan untuk menjual saham, tetapi banyak investor mungkin berharap bahwa penawaran dengan ukuran ini sebagian besar untuk kepentingan perusahaan, bukan untuk menciptakan jutawan baru.


Mengakuisisi perusahaan tanpa dana ...
Facebook telah menunjukkan rencana akuisisi tanpa penjelasan target pendapatan. Cukup aneh, mengingat perusahaan sebelumnya menyataan tidak akan melakukan itu. Kesepakatan terbaru US$ 1 miliar untuk Instagram telah dikritik dan tampaknya Mark Zuckerberg mendapat banyak pertentangan dari anggota dewan atas kesepakatan ini. Berapa banyak tawaran lainnya yang berkeliaran di luar sana tanpa adanya pendapatan?


Tekanan dari perusahaan lain dan pemilik ... 
Risiko lain ke Facebook, selain kontrol Zuckerberg, adalah bahwa banyak perusahaan dapat memaksa perusahaan ini melakukan hal-hal yang tidak ingin dilakukan. Microsoft Corporation adalah pemain yang cukup awal dan mungkin mengambil pangsa lebih besar. Ini menciptakan kesempatan bagi Bing untuk menjadi 'pilihan pencari Facebook’ saat saham pencari Google AS masih lebih dari dua kali lipat dari Bing. habis.

http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1862385/inilah-risiko-dalam-ipo-facebook-2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar