Senin, 04 Juni 2012

Indonesia Masuk One Triliun Dollar Club.

 

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyebutkan bahwa Indonesia sudah masuk dalam One Triliun Dollar Club. Pernyataan itu disampaikannya ketika menghadiri acara World Economic Forum on East Asia (WEF-EA) 2012 di Bangkok, Thailand, 30 Mei sampai 1 Juni 2012 lalu. One Triliun Dollar Club adalah kelompok negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) melampaui nilai US$ 1 triliun. "Indonesia merupakan negara emerging market yang sangat menarik untuk tujuan investasi," kata Gita, dalam rilis Kementerian Perdagangan.

Kepada para peserta forum yang terdiri dari para pemimpin dunia, Gita mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup tinggi tahun lalu, lebih dari 6 persen. Kemudian rating investasi Indonesia juga meningkat ke level ''Investment Grade'' oleh Moody''s dan Fitch Rating. "Ditambah dengan jumlah populasi yang besar, Indonesia juga berpotensi untuk dijadikan basis produksi negara-negara maju," kata dia.

Untuk itu Gita menekankan pentingnya peranan Asia Timur, khususnya Indonesia pada forum tersebut. "Asia Timur tidak hanya bisa menyeimbangkan kembali perekonomian global, tapi wilayah ini juga akan berpengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi dunia secara keseluruhan," ujarnya. Ia memprediksi fokus perekonomian dunia akan berpindah dari kawasan barat ke kawasan timur, khususnya Asia Timur. "Dengan populasi sekitar 600 juta dan pertumbuhan daya beli konsumen yang cukup tinggi, kawasan ini mampu membuat para investor dunia lebih memilih untuk berinvestasi di Asia Timur dibanding negara tradisional," katanya.
 

http://www.tempo.co/read/news/2012/06/03/090408021/Indonesia-Masuk-One-Triliun-Dollar-Club

Tidak ada komentar:

Posting Komentar